Sunday, March 28, 2010

PENGENALAN INTERNET

Pengertian Internet

Internet (inter-network) dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia

Ragam informasi Fasilitas layanan internet
Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet kegiatan ini dapat di analogikan layaknya berjalan –jalan di mall sambil melihat–lihat ke toko-toko tanpa membeli apapun
Elektronik mail (E-mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat /dengan orajng lain ,tanpa mengenal batas ,waktu,ruang bahkan birokrasi
Searching Yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet

Download Adalah proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita
Upload Adalah proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet File transfer protocol (FTP)
Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet

Telnet, fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain.
Ghoper, Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut

Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”.
Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung.
Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi.
Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.

Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.

Dengan demikian, definisi INTERNET ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.
Kesimpulan: Definisi INTERNET : Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.

Latar-belakang perkembangan internet
ARPANet Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerian Pertahanan Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang di satu sisi menciptakan jalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri, seperti juga industri senjata. Maka terbentuklah ARPANet.

Internetting Project Untuk itu dibuat Internetting Project, yang mengembangkan lebih lanjut hasil yang telah dicapai dalam ARPANet, agar media komunikasi baru ini juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai sistem komputer yang tergabung.

Kemudian vendor-vendor komputer meramaikan lalu lintas jaringan tersebut untuk berbagai kebutuhan sehingga terciptalah INTERNET.

Protokol
Protokol pengiriman merupakan sebuah konvensi (kesepakatan) yang menetapkan dengan cara apa data dikirimkan dan bagaimana kesalahan yang terjadi dikenali serta dipecahkan.

Secara sederhana prose pengiriman data terdiri atas dua langkah:

Pertama, data yang akan dikrimkan (misalnya sebuah file teks) dibagi ke dalam paket data berukuran data berukuran sama (paket), kemudian dikirimkan satu per satu. Di Internet, protokol ini disebut IP (Internet Protocol).

Kedua, harus dijamin setiap paket data sampai ke alamat yang benar dan semuanya benar diterima.
Untuk itu diperlukan protokol lainnya, yaitu Transmission Control Protocol (TCP) mengaitkan sebuah blok data pada paket data IP, yang antara lain mengandung informasi mengenai alamat, jumlah total paket data dan urutan setiap paket yang membentuk paket tersebut.
Hanya secara bersamaan kedua protokol membentuk kesatuan yang berfungsi, karena itu biasanya disebut TCP/IP.

Dengan adanya TCP/IP ini, INTERNET memiliki 3 keuntungan :
Memberi kesempatan INTERNET menggunakan jalur komunikasi yang sama untuk pemakai yang berbeda pada saat yang sama.
Karena paket-paket data tidak perlu dikirimkan bersama-sama, jalur komunikasi dapat membawa segala tipe paket data sementara mereka dikirimkan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sebagai contoh, bayangkan sebuah jalan raya di mana mobil bergerak sepanjang jalan yang sama walaupun mereka menuju ke tempat-tempat yang berbeda-beda.
Memberi INTERNET fleksibilitas.
Sementara paket-paket data bergerak, mereka bergerak dari satu host ke host lain sampai mencapai tujuan akhir. Jika sebuah jalur komunikasi tidak berfungsi, sistem yang mengontrol aliran data dapat menggunakan jalur alternatif. Maka, paket-paket data dapat bergerak melalui jalur-jalur yang berbeda-beda.

Meningkatkan kecepatan transmisi data. Sebagai contoh, jika terjadi kesalahan, TCP meminta host asal mengirim kembali hanya paket-paket data yang mengandung kesalahan, bukan semua paket data. Ini berarti meningkatkan kecepatan transmisi data.


Cara berkoneksi dengan internet
1.Sambungan langsung ke Network Anda dapat menggunakan sebuah komputer yang secara langsung mempunyai hubungan ke INTERNET. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan sebuah PC yang merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang mempunyai hubungan ke INTERNET. Dalam kasus ini, sistem Anda menjadi host INTERNET penuh, yaitu mempunyai alamat elektronik tersendiri.
2.Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP Untuk menggunakan hubungan dial-up telepon, Anda memerlukan sebuah alat untuk mengkonversi sinyal komputer (digital) menjadi sinyal telepon (analog), dan sebaliknya. Alat untuk mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog disebut modulator. Sedang, alat untuk mengkonversikan sinyal analog ke sinyal digital disebut demodulator. Untuk mengakses ke INTERNET melalui hubungan telepon, Anda memerlukan sebuah modem (modulator-demodulator).
3.Sambungan langsung ke On-line Service
Untuk menjadi sebuah host INTERNET tanpa harus memiliki hubungan full-time ke INTERNET (yang umumnya sangat mahal), ada sebuah cara mensetup sebuah host INTERNET melalui hubungan telepon. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu mengadakan perjanjian dengan sebuah host INTERNET yang lain yang bertindak sebagai titik hubungan. Selanjutnya, diperlukan sejumlah program yang disebut sebagai PPP (Point to Point Protocol) dan SLIP (Serial Line Internet Protocol) dalam workstation. Setelah workstation menghubungi host INTERNET melalui jalur telepon, PPP menyediakan kemampuan TCP/IP untuk workstation tersebut


Alamat DNS
Karena angka biner tidak mudah diingat, maka dikembangkan sistem Domain Name System (DNS). Disini alamat disusun dalam sebuah hierarki berbagai wilayah (domain = wilayah), yang mewakili sebuah kelompok host tertentu.
Host adalah komputer dalam jaringan lokal (LAN) atau Wide Area Network (WAN), yang diakses oleh komputer lain dalam jaringan tersebut.

Pelayanan Internet
Software yang mendukung Internet menyediakan banyak pelayanan teknis. Bagian ini akan membahas empat pelayanan INTERNET yang paling penting dan mendasar.

I. Pelayanan Mail Pelayanan untuk mengirim dan menerima pesan-pesan. Setiap pesan yang dikirim dari satu sistem ke sistem-sistem yang lain menuju tujuan akhir. Di belakang layar, pelayanan mail memastikan bahwa pesan-pesan yang dikirim dan diterima secara lengkap pada alamat yang benar.
II. Pelayanan telnet Pelayanan yang memberikan kesempatan Anda menghubungi sistem remote atau sistem yang terletak di tempat yang jauh. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan telnet untuk menghubungi sebuah host/provider di negara lain. Setelah Anda menghubungi host tersebut, Anda dapat login ke host tersebut (username dan password yang sah). Setelah itu Anda dapat bertukar data melalui INTERNET.
III. Pelayanan File Transfer Protocol (FTP) Pelayanan transfer file dari satu sistem ke sistem lain. Dalam INTERNET, Anda dapat mentransfer file dari host ke sebuah host remote. Proses ini disebut uploading, dan sebaliknya jika Anda mentransfer file dari host remote ke host lokal disebut downloading.
IV. Pelayanan Client/Server Program Client meminta dukungan program server. Sebagai contoh, Gopher client menampilkan menu, setelah Anda memilih perintah-perintah dalam menu, Gopher client menghubungi Gopher server yang sesuai (tidak perduli dimana lokasinya dalam INTERNET) dan mengeksekusi permintaan Anda.


BEBERAPA ISTILAH INTERNET
American OnLine (AOL) Layanan Komersial yang menyediakan browser Internet-nya sendiri.
Browser Aplikasi yang ada di komputer Anda, mirip dengan aplikasi pengolah kata atau aplikasi lain, yang dirancang untuk membaca tipe file data tertentu. Untuk mengakses WWW, Anda membutuhkan program software internet browser ini. Browsing-metode untuk menjelajahi WWW Internet. Mem-browse WWW sering disebut sebagai surfing the Net.
CU-SeeMe Aplikasi yang memungkinkan konferensi video pada Internet.
Cyberspace Tempat virtual di mana orang dapat berkomunikasi dan bertemu.
Domain name Bagian yang membentuk IP address pada Internet. Domain name terdiri dari dua bagian atau lebih yang terpisah oleh tanda titik. Bagian paling kiri adalah bagian yang paling penting, menunjukkan tujuannya. Contoh : WWW menunjukkan Web server mail. Sembarang domain name akan “melebur” menjadi hanya satu IP address yang unik untuk setiap mesin. Bagian sebelah kanan menunjukkan tipe site. Contoh :.gov menunjukkan negara asal site, misalnya id menunjukkan negara Indonesia.
cth: www.indonesiaraya.gov (webserver.alamat dengan IP address yg unik.negara asal alamat situs ini)
E-Mail Mirip surat pos, tetapi dikirimkan secara elektronik, sehingga tiba ditempat tujuan nyaris dalam tempo seketika itu juga. E-mail yang berisikan pesan dikirim ke komputer Anda dan akan terus ada di komputer itu sampai Anda mengambilnya (membuka dan menyimpannya atau membuangnya).
Eudora Aplikasi e-mail desktop yang populer karena lingkungan grafis dan kemampuannya untuk bekerja di hampir semua jenis server (PC maupun Macintosh).
FAQ Frequently Asked Questions - daftar yang memuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan tentang topik tertentu.
FTP (File Transfer Protocol) Program yang digunakan pada komputer berbasis Windows untuk mentransfer file (software atau dokumen) pada Internet.
GIF (Graphics Interchange Format) Jenis image yang seringkali dipakai pada web pages karena kemampuannya untuk me-render warna latar belakang sebagai transparan.
Gopher Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher.
Home Page Halaman-halaman yang menampung berbagai informasi dari suatu perusahaan, institusi atau pribadi. Contoh White House home page berisikan informasi politik dan kebijakan Presiden AS.
Home Page Halaman-halaman yang menampung berbagai informasi dari suatu perusahaan, institusi atau pribadi. Contoh White House home page berisikan informasi politik dan kebijakan Presiden AS.
HTTP HyperText Transfer Protocol - protokol yang memungkinkan bermacam-macam komputer yang saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa HTML.
HyperLink Bagian dari Web page yang menghubungkan Anda ke file lain, menyediakan seamless link (hubungan) ke file-file pada komputer lain. Biasa dikenal sebagai link. Mengklik hyperlink berarti mem-browse WWW dan mengunjungi berbagai lokasi.
Hypermedia document File data berisi banyak informasi yang dikirimkan melalui Internet ke komputer Anda dan dimunculkan secara grafis dalam cara yang user friendly.
Hypertext Salah satu cara untuk me-link banyak file. Teks yang mengandung hypertext biasanya digarisbawahi. Untuk melihat ‘kait’nya Anda cukup mengklik pada teks tersebut.
Internet Jaringan komputer dunia yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer komersial regional di seluruh dunia.
Intranet. Pemanfaatan Internet dalam LAN untuk menghubungkan oran-orang dalam satu perusahaan tanpa berhubungan dengan dunia luar.
IP address Alamat IP yang terbentuk dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Alamat yang bersifat unik ini akan diberikan setelah Anda mengirimkan e-mail ke Hostmaster@INTERNIC.NET.
ISP (Internet Service Provider) Perusahaan penyedia jasa koneksi ke Internet.
Online Sering digunakan untuk merujuk saat orang ber-Internet.

( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )

Baca Selanjutnya..

Saturday, March 27, 2010

PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program -program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya.
Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulansejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Tujuan Membangun Jaringan Komputer
Tujuan dibangunya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

Ada beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu :
Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
Jalur transmisi yang digunakan tidak benar – benar bebas dari masalah gangguan (noise).

Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
1. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2. Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna,baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.
Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama.
Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
5. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..

Friday, March 26, 2010

Hardware Komputer

Perangkat Keras
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut.
Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
Papan induk (motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo (motherboard).
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

Gambar Papan Induk (Motherboard)



RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC.
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Buses:
Bus PCI
Bus ISA
USB
AGP

ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan

CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer


Power Suply

Pencatu Daya (Inggris: power supply) adalah sebuah piranti yang berguna sebagai sumber listrik untuk piranti lain.
Pada dasarnya power supply bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa power supply yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

Secara garis besar, power supply elektrik dibagi menjadi dua macam, yaitu Power Supply Linier dan Switching Power Supply.
Power Supply Linier
Merupakan jenis power supply yang umum digunakan. Cara kerja dari power supply ini adalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain yang lebih kecil dengan bantuan Transformator. Tegangan ini kemudian disearahkan dengan menggunakan rangkaian penyearah tegangan, dan dibagian akhir ditambahkan kapasitor sebagai pembantu menyearahkan tegangan sehingga tegangan DC yang dihasilkan oleh power supply jenis ini tidak terlalu bergelombang.
Selain menggunakan dioda sebagai penyearah, rangkaian lain dari jenis ini menggunakan regulator tegangan sehingga tegangan yang dihasilkan lebih baik daripada rangkaian yang menggunakan dioda. Power Supply jenis ini dapat menghasilkan tegangan DC yang bervariasi antara 0 - 30 Volt dengan arus antara 0 - 5 Ampere.

Switching Power Supply
Power Supply jenis ini menggunakan metode yang berbeda dengan power supply linier. Pada jenis ini, tegangan AC yang masuk ke dalam rangkaian langsung disearahkan oleh rangkaian penyearah tanpa menggunakan bantuan transformer.
Cara menyearahkan tegangan tersebut adalah dengan menggunakan frekuensi tinggi antara 10KHz hingga 1MHz, dimana frekuensi ini jauh lebih tinggi daripada frekuensi AC yang sekitar 50Hz. Pada switching power supply biasanya diberikan rangkaian feedback agar tegangan dan arus yang keluar dari rangkaian ini dapat dikontrol dengan baik.

Jenis Power Supply
Programmable Power Supply
Uninteruptable Power Supply (UPS)

( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..

Thursday, March 25, 2010

Sistem Operasi

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.
Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.
Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user.
Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.
Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “ kernel" suatu Sistem Operasi.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.
Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.
Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file.
Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan.
Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System.
Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS
Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, dan sebagainya

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

MS-DOS
MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya.
Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS.
Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000.
MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Sejarah MS-DOS
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086.
Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Versi MS-DOS
MS-DOS versi 1.xx
Ini adalah versi awal di mana MS-DOS pertama kali diluncurkan oleh Microsoft.
Isinya, tentu saja sangat primitif dan hanya berisi kerangka dasar saja: tidak ada tampilan grafik untuk mengelola berkas, tidak mendukung jaringan. Pokoknya, versi pertama DOS ini bersih dari embel-embel.
Versi pertama dari DOS ini hanya mendukung IBM PC Model 5150 dan semua perangkat keras pendukungnya, seperti hanya mendukung disket single-side floppy disk dengan ukuran 5½ inci berkapasitas 160K saja.
MS-DOS versi 2.xx
Pada awal tahun 1983, IBM meluncurkan IBM PC XT (Extended Technology), sebagai perbaikan dari versi IBM PC 5150. IBM PC XT dilengkapi dengan sebuah hard disk 10M, antarmuka masukan/keluaran berjenis serial (RS-232 atau lebih dikenal dengan antarmuka COM), RAM dengan kapasitas 128K, sebuah floppy disk drive double-side 360K dan tiga buah slot ekspansi.
Tentu saja, penggunaan beberapa perangkat keras baru seperti hard disk, dan disket drive berkapasitas 360K (40K lebih tinggi dari pada versi double-side pada IBM PC 5150) membutuhkan sebuah sistem operasi, dan Microsoft tidak mengecewakan IBM. Mereka dengan sigap dan cepat merilis MS-DOS versi 2.0. Akhirnya IBM PC XT dibundel dengan IBM PC-DOS 2.0.
MS-DOS versi 3.xx
IBM meluncurkan IBM PC-AT (Advanced Technology) pada musim panas 1984. komputer IBM PC AT menggunakan mikroprosesor Intel 80286 (16-bit) berkecepatan 6MHz, memori RAM berkapasitas 256K, sebuah disket drive 1.2M 5¼ inci, sebuah hard disk 20M, dan kartu video berwarna (standar CGA).
Tentu saja, Microsoft sebagai partner bisnis yang mantap secara sigap mendukung peluncuran IBM PC-AT dengan juga meluncurkan versi terbaru, MS-DOS 3.0. MS-DOS 3.0 mendukung semua kemampuan yang dimiliki oleh IBM PC-AT, kecuali multi-tasking yang disediakan oleh prosesor Intel 80286 yang mampu berjalan pada protected mode tentunya.
DOS 3.0 adalah versi yang dapat mendukung fungsi jaringan, walaupun terbatas pada jaringan dengan konsep kelompok kerja (workgroup) dan terkoneksi sebagai sebuah klien pada sebuah server.
Pengguna dapat menggunakan teknologi jaringan yang dibuat oleh IBM, Token Ring pada sistem operasi DOS. DOS 3.0 juga mendukung floppy disk 3½ inci low-density yang berkapasitas 720K, sedangkan DOS 3.3 mendukung floppy disk 3½ inci high-density yang berkapasitas 1.44M.
Dalam DOS versi 3 juga dapat mendukung partisi pada hard disk yang memiliki kapasitas hingga 32M, 12M lebih tinggi dibandingkan dengan DOS versi 2.0.
MS-DOS versi 4.xx
Pada tahun 1988, sistem operasi dengan tampilan grafis mulai menjamur.
Microsoft juga meluncurkan Windows versi 1.0 pada tahun 1985 dan Windows versi 2.0 pada tahun 1989.
Pada DOS versi 4.0 ini, Microsoft membuat sebuah program shell dengan nama DOS Shell, yang memiliki tampilan seperti DOS Executive milik Windows versi 1.0.
Pada saat itu, ada sebuah program shell yang juga populer yang berjalan di atas sistem operasi DOS, dengan nama Norton Commander (NC) yang dibuat oleh Peter Norton.
Dengan menggunakan shell, pengguna dapat lebih mudah mengorganisasikan berkas dan arsip, dan menjalankan program, dalam satu layar saja. Selain itu, karena mouse dapat mempermudah pengoperasian komputer, DOS Shell juga dapat mendukungnya.
MS-DOS versi 5.xx
IBM memang gagal memperpanjang umur IBM PC, akan tetapi Microsoft terus mengembangkan DOS dengan meluncurkan MS-DOS versi 5.0.
Versi 5.0 ini dirilis pada tahun 1991, dan memiliki berbagai fitur yang jauh lebih baik, seperti halnya device driver yang dapat diinstal pada area memori di atas 640K (HMA), dengan menggunakan parameter DEVICEHIGH pada berkas konfigurasi CONFIG.SYS dan LOADHIGH pada berkas AUTOEXEC.BAT sehingga memperbanyak kemungkinan untuk menjalankan program yang membutuhkan conventional memory (memori 640K awal yang dimiliki oleh komputer) yang lebih besar.
Untuk masalah utilitas, Microsoft menambah banyak sekali utilitas dalam DOS versi 5.0 ini. Di antaranya adalah editor berkas teks ASCII yang bernama MS-DOS Editor (EDIT.COM) dan program bahasa pemrograman QuickBasic (QBASIC.EXE).
Utilitas ini dimaksudkan untuk menggantikan editor yang berorientasi pada "baris per baris", EDLIN.EXE yang ada pada DOS versi 4.0 dan yang sebelumnya.

Selanjutnya DOS terus melakukan pembenahan sampai merilis DOS versi 6.xx dan 7.xx

Microsoft Windows
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.

Versi-versi Windows
16-bit, berjalan di atas MS-DOS
1985 November - Windows 1.0
1987 9 Desember - Windows 2.0
1990 22 Mei - Windows 3.0
1992 Agustus - Windows 3.1
1992 Oktober - Windows for Workgroups 3.1
1993 November - Windows for Workgroups 3.11

Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya)
1995 24 Agustus - Windows 95 (Versi: 4.00.950)
1998 25 Juni - Windows 98 (Versi: 4.1.1998)
1999 5 Mei - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)
2000 19 Juni - Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)

Berbasis kernel Windows NT
1993 Agustus - Windows NT 3.1
1994 September - Windows NT 3.5
1995 Juni - Windows NT 3.51
1996 29 Juli - Windows NT 4.0
2000 17 Februari - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
2002 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
2007 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000)
2008 - Windows Server 2008 (Versi 6.1)

Versi yang akan datang
2010 - 2012 - Windows 7 "Vienna".


Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System.
Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.
Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.


LINUX
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix.
Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama.
Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun (open source).
Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds.
Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman.
Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems.
Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows.
Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.


( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..

Wednesday, March 24, 2010

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Dibedakan atas :
Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama
Perangkat lunak semasa komputer generasi pertama
Perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi
Perkembangan perangkat lunak paket aplikasi
Perkembangan perangkat lunak sistem operasi


Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama
300 sm : penggunaan obor sebagai signal untuk mengirimkan berita yang digunakan oleh bangsa yunani
1842 : Ada Augusta, penulis perangkat lunak pertama kali yang digunakan pada Babbage’s Analytical Engine.
1933 : Wallace J. Eckert menggabungkan beberapa mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda.
1945 : Kutu yang pertama

Perangkat lunak semasa komputer generasi pertama
Menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin yang disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya unik untuk suatu aplikasi.


Perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi
1957 : FORTRAN (Formula Translator), John Bakus,IBM
1958 : LISP (List Programing),John McCarty
1958 : ALGOL (Algoritmic Language)
1959 : COBOL (Common Business Oriented Language), Dr. Grace Hooper
1960 : LOGO, MIT
1961 : GPSS (General Purpose System Simulator)
1961 : RPG (Report Program Generator),IBM
1962 : APL (A Programming Language), Kenneth Iverson,IBM
1964 : BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code), John G. Kemeny & Thomas E. Kurtz
1966 : PL/1 (Programming Language version 1)IBM, gabungan FORTRAN dan COBOL
1968 : PILOT (Programmed Inquiry, Learning, or Teaching), John A. Starkweather
1969 : FORTH, Charles H. Moore, digunakan dalam bidang astronomi
1970 : PASCAL, dikembangkan oleh Niklaus Wirth
1971 : SAM76,Claude Keagan, gabungan dari LISP dan FORTH.
1972 : PROLOG,Alain Colmerauer & Philippe Roussel, untuk kecerdasan buatan
1974 : C pertama kali dikembangkan bernama BCPL, kemudian diadaptasi di Bell Laboratories dengan nama bahasa B.
1974 : COMAL, Borge Christensen & Benedict Lofsted, gabungan BASIC & PASCAL.
1977 : MODULA-2, Niklaus Wirth,Swiss
1979 : ADA digunakan di Dephan AS, diambil dari ADA AUGUSTA.

Perkembangan perangkat lunak paket aplikasi
1976 : Electrical Pencil, Michael Shrayer, pengolah kata, California
1979 : Word Star,John Barnaby,pengolah kata
1979 : Apple Writer,Paul Lutus, pengolah kata
1979 : VisicalC(Visual Calculator), Robert Frankston, DEC (Digital Equipment Corporation)
1981 : DBASE-II, Wayne Ratliff, ahli teknik NASA
1982 : LOTUS 1-2-3, gabungan program spreadsheet,grafik dan kemampuan untuk mendapatkan informasi, Mitchel Kapoor,Yale Univ.

Perkembangan Perangkat lunak sistem Operasi
1954 : Sistem Operasi pertama kali Digunakan untuk komputer IBM 701 di General Motor Research Laboratories
1960 : Sistem Operasi untuk komputer mini pertama kali
1969 : UNIX,Ken Thompson, diterapkan pada komputer PDP-7, Bell Laboratories
1970 : CP/M (Control Program / Microprocessor),Garry Kildal,Digital Research
1980 : MS-DOS (Microsoft- Disk Operating System),William Bill Gates, Microsoft Corporation
1985 : Microsoft Windows Pertama
1987 : IBM Operating System/2
1988 : Windows/386
1990 : Windows 3.0
1993 : Mosaic, Browser Internet Pertama
1995 : Windows 95
1997 : Windows 98


KLASIFIKASI KOMPUTER
DARI SUDUT PANDANG:
Berdasarkan data yang diolah
Berdasarkan Penggunaanya
Berdasarkan Ukurannya

Berdasarkan data yang diolah
Analog Computer
Digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik,seperti misalnya arus listrik,temperatur,kecepatan,tekanan,dll
Digital Computer
Digunakan untuk data berbentuk angka atau huruf
Keunggulan :
Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog
Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses
Dapat melakukan operasi logika
Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf,grafik maupun gambar
Hybrid Computer
Kombinasi komputer analog dan digital

Berdasarkan Penggunaanya
Special-Purpose Computer
Dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus
General-Purpose Computer
Dirancang untuk menyelesaikan berbagai macam masalah

Berdasarkan Ukurannya
Micro Computer (Personal Computer)
Mini Computer
Small Computer (Smale-Scale Mainframe Computer)
Medium Computer (Medium-Scale Mainframe Computer)
Large Computer (Mainframe Computer)
Super Computer


( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )


Baca Selanjutnya..

Tuesday, March 23, 2010

Generasi Komputer

KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Ciri-ciri :
Sirkuit menggunakan tabung hampa (Vacuum Tube)
Program hanya dapat dibuat dengan menggunakan bahasa mesin (Machine Language)
Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk
Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas
Cepat panas, sehingga diperlukan pendingin
Prosesnya kurang cepat
Simpanannya kecil
Membutuhkan daya listrik yang besar
Orientasi utama pada aplikasi bisnis

1946 : ENIAC (Electronical Numerical Integrator and Calculator), digunakan untuk menghitung target sasaran bom, Dr. John W. Mauchly, Moore School of Electronical Engineering Pensylvania University
1947 : Harvard Mark II (Pengembangan generasi sebelumnya)
1948 : IBM Selective Sequence Electronic Calculator
1949 : EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer,komputer pertama yang menggunakan stored program,John Van Neumann)
1949 : Harvard Mark III
1950 : ACE (Automatic Calculating Engine) komputer digital elektronik ukuran besar di inggris yang pertama, Alan M. Turing, Natioanal Physicals Laboratory London
1950 : SEC (Electronic Computation of Birkbeck College, university of London)
1951 : LEO (Lyon Electronic Office), komputer komersial pertama di inggirs
1951 : UNIVAC I (Universal Automatic Computer), pertama menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output, Sperry Rand Corporation
1952 : EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), pertama memakai stored program secara penuh di amerika
1952 : Whirlwind I, komputer pertama menggunakan magnetic core memory,Dr. Jay W. Forrester, MIT
1953 : IBM 701, komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling populer
1956 : RAMAC 305 (Random Access Method for Accounting and Control), komputer pertama menggunakan penyimpanan luar dengan akses random
1959 : IBM 705, dibuat untuk menggantikan IBM 701

KOMPUTER GENERASI KEDUA
CIRI-CIRI :
Sirkuitnya menggunakan transistor (dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Barden,William Shockley,& Walter Brattain tahun 1947)
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language) ex: FORTRAN
Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk
Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing
Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan generasi pertama
Proses operasi sudah lebih cepat
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
Orientasi tidak hanya aplikasi bisnis tapi juga ke aplikasi teknik

1959 : PDP 1 dibuat oleh DEC (Digital Equipment Corporation), Ken & Stan Olsen dan Harlan Anderson
1963 : PDP 5, komputer mini komersial pertama, selain itu juga ada PDP 8
Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik

KOMPUTER GENERASI KETIGA
CIRI-CIRI :
Komponen sirkuit menggunan IC (Integrated Circuits)
Peningkatan kemampuan software
Lebih cepat dan lebih tepat
Kapasitas memori komputer lebih besar
Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access
Penggunaan daya lebih hemat
Memungkinkan untuk melakukan multi processing
Pengembangan dari alat input dan output dengan menggunakan Visual Display terminal
Harga semakin murah
Kemampuan komunikasi data antar komputer

1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.
1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
CIRI-CIRI :
Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip
Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

1970 : IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama
1971 : Intel Corporation berhasil mengembangkan chip microprocessor 4004
1974 : Micro Instrumentation and Telemetry System (MITS) Corporation memproduksi komputer mikro Altair.
1975 : Cray 1, Komputer super pertama
1977 : ARCNET,LAN pertama,Datapoint Corporation
1977 : Apole II, Personal Computer pertama
1981 : Komputer IBM PC yang pertama
1984 : IBM PC/AT (Advance Technology)
1997 : Pentium II
1998 : AMD K6 3D

KOMPUTER GENERASI KELIMA
CIRI-CIRI :
Pengembangan VLSI
Pengembangan Josephson Junction

( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..

Monday, March 22, 2010

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI

DEFINISI KOMPUTER

Bahasa Latin >>>Computare >>>Menghitung
Computer Annual (Robert H. Blissmer)
Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain :
Menerima input
Memproses input sesuai dengan programnya
Menyimpan perintah dan hasil pengolahan
Menyediakan output untuk informasi


Computer Today (Donald H. Sanders)
Sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program)

Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic,S.G. Zaky)
Mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital,memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi

Introduction to The Computer, The Tool of Busines (Wiliam M.Fuori)
Suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (Definisi ini diambil dari American National Standart Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam satu pertemuan International Organization For Standarization Committe)

Introduction to Computers (Gordon B. Davis)
Tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti


Kesimpulan Definisi

Alat Elektronik
Dapat menerima input data
Dapat mengolah data
Dapat memberikan informasi
Menggunakn suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
Bekerja secara otomatis
Program : kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya.

SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Data Processing Cycle
Input
Processing
Output




Expanded Data Processing Cycle




Origination
Proses pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar

Input
Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)
Processing
Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage
Output
Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.

Distribution
Proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi
Storage
Proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan. Data yang disimpan dapat dipergunakan kembali sebagai alat input.


SISTEM KOMPUTER

Sistem : jaringan dari elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan : mengolah data untuk menghasilkan informasi.
Elemen Pendukung : Hardware, Software, dan Brainware.

PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS

Alat Pengolah Data (Secara Umum)
Alat Manual (Manual Device), menggunakan peralatan sederhana
Alat Mekanik (Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan
Alat Mekanik Elektronik (Electro Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan dengan motor elektronik
Alat Elektronik (Electronic Device), alat yang bekerja secara elektronik.

Alat Manual (Manual Device)
300000 SM : Tulang
14000 SM : Petroglyphs (Karang)
9000 SM : Lempengan Tanah Liat
5000 SM : Tablet Tanah Liat
2600 SM : Papyrus
2500 SM : Abacus
1900 SM : Stonehenge
1200 SM : Quipus (Tali Bersimpul)
400 SM : Kulit Binatang
1150 : Kertas
1455 : Alat Cetak
1614 : Napier’s Bones
1621 : Oughtred’s Slide Rule

ALAT MEKANIK
1623 : Mesin penghitung pertama (Wilhem Schikard, Jerman)
1642 : Pascal’s Machine Aritmethique (Mesin penghitung otomatis pertama)
1666 : Mesin Pengali yang pertama (Sir Samuel Morland)
1673 : Leibnitz’s Calculating Machine (Gottfried Wilhem von Leibnitz, Jerman)
1777 : Logic Demonstrator (Mesin Logika pertama, Charles Mahon)
1804 : Jacuquard’s Loom (Mesin penenun otomatis dengan kartu plong, Joseph Marie Jacquard,Perancis)
1820 : Mesin Penghitung Komersial Pertama (Charles Thomas de Colmar,Inggris)
1850 : Mesin Penghitung dengan keyboard ( D.D. Parmalee,USA)
1854 : Aljabar Boolean (George S. Boole,Inggris)
1868 : The Adder (mesin penambah ukuran saku,Web,USA)
1869 : Mesin Logika Boolean (William Jevons)
1879 : Mesin Pencatat Kas yang pertama (James Ritty, USA)
1884 : Mesin Penghitung dengan alat cetak pertama (William S. Burroughs,USA)
1893 : Steiger’s Millionare (Mesin penghitung saintifik pertama, Otto Steiger,Jerman)
1911 : Monroe Calculator (Jay Monroe & Frank S. Baldwin,USA)

ALAT MEKANIK-ELEKTRONIK
1890 : mesin tabulasi kartu plong mekanik-elektronik yang pertama (digunakan untuk membantu sensus penduduk,Dr. Hernan Hollerith, USA, Cikal Bakal IBM)
1920 : mesin penghitung otomatis pertama (mesin pengambil keputusan,Leonardo Torres y Quevedo, Spanyol)
1931 : Komputer Analog Pertama (untuk memecahkan permasalahan differensial,disebut dengan Differensial Analyzer,Dr. Vannevar Bush,MIT)
1938 : Mesin hitung mekanik-elektronik pertama (untuk perhitungan teknik,disebut dengan Complex Calculator,George R. Stibitz, Bell Laboratories)

ALAT ELEKTRONIK
1942 : Komputer digital elektronik pertama (Atanasoff-Berry Computer, John V. Atanasoff & Clifford Berry,IOWA State College)
1944 : Hardvard Mark I ASCC (melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis,dibuat IBM, Prof. Howard Aiken,Harvard University)
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer Generasi Keempat (Mulai 1970)
Komputer Generasi Kelima
Komputer Masa Depan

( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..

Sunday, March 21, 2010

Pengenalan Komputer

I. ISTILAH
KOMPUTER Adalah Istilah Yang digunakan Untuk Menjelaskan Fungsi Mesin Secara Elektronik.
KOMPUTER DIFUNGSIKAN SEBAGAI :
MENYIMPAN DATA MASUKAN DAN INSTRUKSI .
MEMPROSES INPUT DATA BERDASARKAN INSTRUKSI YANG DISIMPAN MENJADI INFORMASI YANG BERGUNA ATAU KELUARAN (OUTPUT)

KOMPUTER adalah :
serangkaian alat elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan kompunen elektronik yang saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja rapi dan teliti menggunakan sistem kerja yaitu: INPUT - PROSES - OUTPUT





INPUT
Peralatan Masukan (input Devices) memiliki bermacam bentuk :

Keyboard (Papan Ketik)
Letak Tuts/tombol pada keyboard membedakan antara tombol yg satu dgn yg lain, penekanan pada salah satu tombol akan dibaca dan dibandingkan dgn bank data yg sudah terprogram dalam komputer. Sehingga tahu tentang bentuk sinyal yg harus dimasukkan ke dlm CPU.

Mouse (Alat Penunjuk Arah) :
Bola atau Infra Merah yang menggelinding akan memutar secara mekanik pada dua sumbu roda (horizontal dan vertikal) sehingga panjang sumbu itu berubah dan diartikan sebagai banyak sinyal yg dikirim.

Light Pen, Digitizer, Optical Mouse, dsb.
Light Pen dan sejenisnya membutuhkan kisi-kisi untuk mengetahui letak dan kearah mana perpindahannya. Ada kisi-kisi yang mendeteksi secara elektronik dan secara optik.

T u p l e t :
Tuplet hampir sama dengan Light Pen, tetapi memiliki sensor tetang tekanan si pemakai dan ketebalan garis yang diminta.
Touch Screen :
Touch Screen menggunakan kisi-kisi yang ditempel pada monitor untuk mendeteksi kisi yang mana yang disentuh, ada touch screen yang mendeteksi panas tangan ada pula Touch Screen yg menggunaka infra merah.

OPSCAN, SCANNER, READER DSB :
Suatu alat pembaca gambar/Kode/Sinyal yang sejalan dengan pergerakan sensornya baik yang berjalan sensornya mapun bendanya.
Contoh : Grapic Scanner, Fax Scanner, Bar Code reader Optical Character Reader, Card Reader, Punch Card Reader, Magnetic Reader, dll.
Sensor - sensor lain :
Sensor yang digunakan untuk menghasilkan sinyal digital, misalnya Vidio, Handy Cam, Sensor Voice, Mekanik, dll.

Data Communication
Masukan yang datang dari luar komputer atau dari komputer yang lain serta dapat memberikan hubungan comunication data yang berbeda.

PROCESSOR :
Asumsi : Jika input dan output siap menerima dan mengirim sinyal digital yang dibutuhkan maka isi processor adalah sbb :

Central Processing Unit (CPU) merupakan unit pengolah pusat atau mikro processor

Di dalam CPU terdapat :
Aritmatic Logic Unit (ALU) yang berfungsi untuk menyelesaikan instuksi sesuai dengan desainnya.
Control Unit untuk membantu mengatur serangkaian unit-unit yang lain.
Register sebagai tempat penyimpanan yang bersifat sementara.

Memory (media Penyimpanan)
Ada 2 Jenis Yaitu : Memory TETAP dan SEMENTARA
Tetap sering berupa Program yg selalu dijalankan bila suatu kondisi terjadi dikerjakan oleh ROM ( Read Only Memory)
Sementara adalah tambahan memory yang dibutuhkan pada saat proses komputer terjadi dikerjakan oleh (RAM) Random Access Memory)

Control Unit dan Memory Management Unit (MMU)
Dibutuhkan processor untuk mengatur bagian-bagian yang lain.
Stroge : Secondary stroge bersifat lebih tetap
Memory : suatu daya ingat manusia
Secondary Stroge : buku catatan.


II. JENIS - JENIS KOMPUTER

Komputer dapat dibedakan menurut :
1. Cara beroperasinya.
2. Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya.
3. Jenis Aplikasinya
4. Perkembangan Teknologinya.

Cara beroperasinya.
Komputer dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu :
a). Komputer Digital.
b). Komputer Analog,

- Komputer Digital atau digital computer bekerja dengan cara mengitung.
Semua kuantitas yang berupa angka, huruf atau simbul disajikan dalam bentuk angka-angka diskrit 1 dan 0 yang disebut digit biner atau binary digit.
Komputer Analog atau Analog Computer mengukur kuantitas elektronik atau fisik secara berkesinambungan seperti Voltage, Suhu atau Panjang.
Kebanyakan komputer berjenis digital karena pemrosesannya lebih cepat dan akurat dibanding komputer analog namun ada yang menggunakan komputer analog atau berinteraksi antara kedua jenis komputer ini.

Menurut Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya. Maka komputer dibagi :
1. Komputer Mainframe 3. Komputer Mini
2. Komputer Mikro 4. Komputer Nano

Komputer Mainframe mempunyai ukuran paling besar. Dapat memproses data dalam jutaan intruksi per detik (Millions instructions per secon / MIPS) dan menyimpan data dalam jumlah sangat besar.
Komputer Mainframe digunakan dalam metode pengolahan data yang menggunakan Lokal Area Network (LAN) dan sebagai pendukung penyimpanan data base serta sistem pengolahan data secara periodik dan seketika.
Komputer Mikro atau Personal Computer (PC) adalah jenis komputer yang paling banyak dijumpai karena harganya relatif murah, mudah pengoperasiannya (user Friendly) banyaknya piranti lunak yang beredar di pasaran. Digunakan untuk melaksanakan pekerjaan para pegawai dan menghubungkan dengan komputer lain
Komputer Mini lebih lambat, lebih sedikit kemampuan penyimpanan datanya dan lebih murah dibandingkan Mainframe tetapi banyak perusahaan yang menggunakan untuk pengolahan data base dan jaringan On Line.
Komputer Mini digunakan dalam komputerisasi departemen-departemen, organisasi yang besar atau sebagai komputer tunggal di org. kecil dimana jumlah data dan pemrosesannya tidak besar.
Komputer Nano adalah komputer yang paling kecil ukurannya yang merupakan komputer saku. Digunakan untuk menghitung data persediaan toko-toko eceran, mengirim tingkat persediaan dan order pembelian ke komputer milik pemasok atau untuk menghitung tingkat komsumsi listrik dan gas dalam rumah tangga. Namun Data tersebut masih perlu pengolahan kembali oleh para penggunanya.

( Made Heriyasa )
( original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )


Baca Selanjutnya..