KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Ciri-ciri :
Sirkuit menggunakan tabung hampa (Vacuum Tube)
Program hanya dapat dibuat dengan menggunakan bahasa mesin (Machine Language)
Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk
Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas
Cepat panas, sehingga diperlukan pendingin
Prosesnya kurang cepat
Simpanannya kecil
Membutuhkan daya listrik yang besar
Orientasi utama pada aplikasi bisnis
1946 : ENIAC (Electronical Numerical Integrator and Calculator), digunakan untuk menghitung target sasaran bom, Dr. John W. Mauchly, Moore School of Electronical Engineering Pensylvania University
1947 : Harvard Mark II (Pengembangan generasi sebelumnya)
1948 : IBM Selective Sequence Electronic Calculator
1949 : EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer,komputer pertama yang menggunakan stored program,John Van Neumann)
1949 : Harvard Mark III
1950 : ACE (Automatic Calculating Engine) komputer digital elektronik ukuran besar di inggris yang pertama, Alan M. Turing, Natioanal Physicals Laboratory London
1950 : SEC (Electronic Computation of Birkbeck College, university of London)
1951 : LEO (Lyon Electronic Office), komputer komersial pertama di inggirs
1951 : UNIVAC I (Universal Automatic Computer), pertama menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output, Sperry Rand Corporation
1952 : EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), pertama memakai stored program secara penuh di amerika
1952 : Whirlwind I, komputer pertama menggunakan magnetic core memory,Dr. Jay W. Forrester, MIT
1953 : IBM 701, komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling populer
1956 : RAMAC 305 (Random Access Method for Accounting and Control), komputer pertama menggunakan penyimpanan luar dengan akses random
1959 : IBM 705, dibuat untuk menggantikan IBM 701
KOMPUTER GENERASI KEDUA
CIRI-CIRI :
Sirkuitnya menggunakan transistor (dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Barden,William Shockley,& Walter Brattain tahun 1947)
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language) ex: FORTRAN
Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk
Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing
Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan generasi pertama
Proses operasi sudah lebih cepat
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
Orientasi tidak hanya aplikasi bisnis tapi juga ke aplikasi teknik
1959 : PDP 1 dibuat oleh DEC (Digital Equipment Corporation), Ken & Stan Olsen dan Harlan Anderson
1963 : PDP 5, komputer mini komersial pertama, selain itu juga ada PDP 8
Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik
KOMPUTER GENERASI KETIGA
CIRI-CIRI :
Komponen sirkuit menggunan IC (Integrated Circuits)
Peningkatan kemampuan software
Lebih cepat dan lebih tepat
Kapasitas memori komputer lebih besar
Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access
Penggunaan daya lebih hemat
Memungkinkan untuk melakukan multi processing
Pengembangan dari alat input dan output dengan menggunakan Visual Display terminal
Harga semakin murah
Kemampuan komunikasi data antar komputer
1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.
1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
CIRI-CIRI :
Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip
Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
1970 : IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama
1971 : Intel Corporation berhasil mengembangkan chip microprocessor 4004
1974 : Micro Instrumentation and Telemetry System (MITS) Corporation memproduksi komputer mikro Altair.
1975 : Cray 1, Komputer super pertama
1977 : ARCNET,LAN pertama,Datapoint Corporation
1977 : Apole II, Personal Computer pertama
1981 : Komputer IBM PC yang pertama
1984 : IBM PC/AT (Advance Technology)
1997 : Pentium II
1998 : AMD K6 3D
KOMPUTER GENERASI KELIMA
CIRI-CIRI :
Pengembangan VLSI
Pengembangan Josephson Junction
( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..
Tuesday, March 23, 2010
Monday, March 22, 2010
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
DEFINISI KOMPUTER
Bahasa Latin >>>Computare >>>Menghitung
Computer Annual (Robert H. Blissmer)
Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain :
Menerima input
Memproses input sesuai dengan programnya
Menyimpan perintah dan hasil pengolahan
Menyediakan output untuk informasi
Computer Today (Donald H. Sanders)
Sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program)
Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic,S.G. Zaky)
Mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital,memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi
Introduction to The Computer, The Tool of Busines (Wiliam M.Fuori)
Suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (Definisi ini diambil dari American National Standart Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam satu pertemuan International Organization For Standarization Committe)
Introduction to Computers (Gordon B. Davis)
Tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti
Kesimpulan Definisi
Alat Elektronik
Dapat menerima input data
Dapat mengolah data
Dapat memberikan informasi
Menggunakn suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
Bekerja secara otomatis
Program : kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Data Processing Cycle
Input
Processing
Output

Expanded Data Processing Cycle

Origination
Proses pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar
Input
Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)
Processing
Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage
Output
Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.
Distribution
Proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi
Storage
Proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan. Data yang disimpan dapat dipergunakan kembali sebagai alat input.
SISTEM KOMPUTER
Sistem : jaringan dari elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan : mengolah data untuk menghasilkan informasi.
Elemen Pendukung : Hardware, Software, dan Brainware.
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS
Alat Pengolah Data (Secara Umum)
Alat Manual (Manual Device), menggunakan peralatan sederhana
Alat Mekanik (Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan
Alat Mekanik Elektronik (Electro Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan dengan motor elektronik
Alat Elektronik (Electronic Device), alat yang bekerja secara elektronik.
Alat Manual (Manual Device)
300000 SM : Tulang
14000 SM : Petroglyphs (Karang)
9000 SM : Lempengan Tanah Liat
5000 SM : Tablet Tanah Liat
2600 SM : Papyrus
2500 SM : Abacus
1900 SM : Stonehenge
1200 SM : Quipus (Tali Bersimpul)
400 SM : Kulit Binatang
1150 : Kertas
1455 : Alat Cetak
1614 : Napier’s Bones
1621 : Oughtred’s Slide Rule
ALAT MEKANIK
1623 : Mesin penghitung pertama (Wilhem Schikard, Jerman)
1642 : Pascal’s Machine Aritmethique (Mesin penghitung otomatis pertama)
1666 : Mesin Pengali yang pertama (Sir Samuel Morland)
1673 : Leibnitz’s Calculating Machine (Gottfried Wilhem von Leibnitz, Jerman)
1777 : Logic Demonstrator (Mesin Logika pertama, Charles Mahon)
1804 : Jacuquard’s Loom (Mesin penenun otomatis dengan kartu plong, Joseph Marie Jacquard,Perancis)
1820 : Mesin Penghitung Komersial Pertama (Charles Thomas de Colmar,Inggris)
1850 : Mesin Penghitung dengan keyboard ( D.D. Parmalee,USA)
1854 : Aljabar Boolean (George S. Boole,Inggris)
1868 : The Adder (mesin penambah ukuran saku,Web,USA)
1869 : Mesin Logika Boolean (William Jevons)
1879 : Mesin Pencatat Kas yang pertama (James Ritty, USA)
1884 : Mesin Penghitung dengan alat cetak pertama (William S. Burroughs,USA)
1893 : Steiger’s Millionare (Mesin penghitung saintifik pertama, Otto Steiger,Jerman)
1911 : Monroe Calculator (Jay Monroe & Frank S. Baldwin,USA)
ALAT MEKANIK-ELEKTRONIK
1890 : mesin tabulasi kartu plong mekanik-elektronik yang pertama (digunakan untuk membantu sensus penduduk,Dr. Hernan Hollerith, USA, Cikal Bakal IBM)
1920 : mesin penghitung otomatis pertama (mesin pengambil keputusan,Leonardo Torres y Quevedo, Spanyol)
1931 : Komputer Analog Pertama (untuk memecahkan permasalahan differensial,disebut dengan Differensial Analyzer,Dr. Vannevar Bush,MIT)
1938 : Mesin hitung mekanik-elektronik pertama (untuk perhitungan teknik,disebut dengan Complex Calculator,George R. Stibitz, Bell Laboratories)
ALAT ELEKTRONIK
1942 : Komputer digital elektronik pertama (Atanasoff-Berry Computer, John V. Atanasoff & Clifford Berry,IOWA State College)
1944 : Hardvard Mark I ASCC (melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis,dibuat IBM, Prof. Howard Aiken,Harvard University)
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer Generasi Keempat (Mulai 1970)
Komputer Generasi Kelima
Komputer Masa Depan
( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..
Bahasa Latin >>>Computare >>>Menghitung
Computer Annual (Robert H. Blissmer)
Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain :
Menerima input
Memproses input sesuai dengan programnya
Menyimpan perintah dan hasil pengolahan
Menyediakan output untuk informasi
Computer Today (Donald H. Sanders)
Sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program)
Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic,S.G. Zaky)
Mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital,memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi
Introduction to The Computer, The Tool of Busines (Wiliam M.Fuori)
Suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (Definisi ini diambil dari American National Standart Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam satu pertemuan International Organization For Standarization Committe)
Introduction to Computers (Gordon B. Davis)
Tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti
Kesimpulan Definisi
Alat Elektronik
Dapat menerima input data
Dapat mengolah data
Dapat memberikan informasi
Menggunakn suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
Bekerja secara otomatis
Program : kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Data Processing Cycle
Input
Processing
Output
Expanded Data Processing Cycle
Origination
Proses pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar
Input
Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)
Processing
Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage
Output
Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.
Distribution
Proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi
Storage
Proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan. Data yang disimpan dapat dipergunakan kembali sebagai alat input.
SISTEM KOMPUTER
Sistem : jaringan dari elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan : mengolah data untuk menghasilkan informasi.
Elemen Pendukung : Hardware, Software, dan Brainware.
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS
Alat Pengolah Data (Secara Umum)
Alat Manual (Manual Device), menggunakan peralatan sederhana
Alat Mekanik (Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan
Alat Mekanik Elektronik (Electro Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan dengan motor elektronik
Alat Elektronik (Electronic Device), alat yang bekerja secara elektronik.
Alat Manual (Manual Device)
300000 SM : Tulang
14000 SM : Petroglyphs (Karang)
9000 SM : Lempengan Tanah Liat
5000 SM : Tablet Tanah Liat
2600 SM : Papyrus
2500 SM : Abacus
1900 SM : Stonehenge
1200 SM : Quipus (Tali Bersimpul)
400 SM : Kulit Binatang
1150 : Kertas
1455 : Alat Cetak
1614 : Napier’s Bones
1621 : Oughtred’s Slide Rule
ALAT MEKANIK
1623 : Mesin penghitung pertama (Wilhem Schikard, Jerman)
1642 : Pascal’s Machine Aritmethique (Mesin penghitung otomatis pertama)
1666 : Mesin Pengali yang pertama (Sir Samuel Morland)
1673 : Leibnitz’s Calculating Machine (Gottfried Wilhem von Leibnitz, Jerman)
1777 : Logic Demonstrator (Mesin Logika pertama, Charles Mahon)
1804 : Jacuquard’s Loom (Mesin penenun otomatis dengan kartu plong, Joseph Marie Jacquard,Perancis)
1820 : Mesin Penghitung Komersial Pertama (Charles Thomas de Colmar,Inggris)
1850 : Mesin Penghitung dengan keyboard ( D.D. Parmalee,USA)
1854 : Aljabar Boolean (George S. Boole,Inggris)
1868 : The Adder (mesin penambah ukuran saku,Web,USA)
1869 : Mesin Logika Boolean (William Jevons)
1879 : Mesin Pencatat Kas yang pertama (James Ritty, USA)
1884 : Mesin Penghitung dengan alat cetak pertama (William S. Burroughs,USA)
1893 : Steiger’s Millionare (Mesin penghitung saintifik pertama, Otto Steiger,Jerman)
1911 : Monroe Calculator (Jay Monroe & Frank S. Baldwin,USA)
ALAT MEKANIK-ELEKTRONIK
1890 : mesin tabulasi kartu plong mekanik-elektronik yang pertama (digunakan untuk membantu sensus penduduk,Dr. Hernan Hollerith, USA, Cikal Bakal IBM)
1920 : mesin penghitung otomatis pertama (mesin pengambil keputusan,Leonardo Torres y Quevedo, Spanyol)
1931 : Komputer Analog Pertama (untuk memecahkan permasalahan differensial,disebut dengan Differensial Analyzer,Dr. Vannevar Bush,MIT)
1938 : Mesin hitung mekanik-elektronik pertama (untuk perhitungan teknik,disebut dengan Complex Calculator,George R. Stibitz, Bell Laboratories)
ALAT ELEKTRONIK
1942 : Komputer digital elektronik pertama (Atanasoff-Berry Computer, John V. Atanasoff & Clifford Berry,IOWA State College)
1944 : Hardvard Mark I ASCC (melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis,dibuat IBM, Prof. Howard Aiken,Harvard University)
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer Generasi Keempat (Mulai 1970)
Komputer Generasi Kelima
Komputer Masa Depan
( Made Heriyasa )
( Original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..
Sunday, March 21, 2010
Pengenalan Komputer
I. ISTILAH
KOMPUTER Adalah Istilah Yang digunakan Untuk Menjelaskan Fungsi Mesin Secara Elektronik.
KOMPUTER DIFUNGSIKAN SEBAGAI :
MENYIMPAN DATA MASUKAN DAN INSTRUKSI .
MEMPROSES INPUT DATA BERDASARKAN INSTRUKSI YANG DISIMPAN MENJADI INFORMASI YANG BERGUNA ATAU KELUARAN (OUTPUT)
KOMPUTER adalah :
serangkaian alat elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan kompunen elektronik yang saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja rapi dan teliti menggunakan sistem kerja yaitu: INPUT - PROSES - OUTPUT


INPUT
Peralatan Masukan (input Devices) memiliki bermacam bentuk :
Keyboard (Papan Ketik)
Letak Tuts/tombol pada keyboard membedakan antara tombol yg satu dgn yg lain, penekanan pada salah satu tombol akan dibaca dan dibandingkan dgn bank data yg sudah terprogram dalam komputer. Sehingga tahu tentang bentuk sinyal yg harus dimasukkan ke dlm CPU.
Mouse (Alat Penunjuk Arah) :
Bola atau Infra Merah yang menggelinding akan memutar secara mekanik pada dua sumbu roda (horizontal dan vertikal) sehingga panjang sumbu itu berubah dan diartikan sebagai banyak sinyal yg dikirim.
Light Pen, Digitizer, Optical Mouse, dsb.
Light Pen dan sejenisnya membutuhkan kisi-kisi untuk mengetahui letak dan kearah mana perpindahannya. Ada kisi-kisi yang mendeteksi secara elektronik dan secara optik.
T u p l e t :
Tuplet hampir sama dengan Light Pen, tetapi memiliki sensor tetang tekanan si pemakai dan ketebalan garis yang diminta.
Touch Screen :
Touch Screen menggunakan kisi-kisi yang ditempel pada monitor untuk mendeteksi kisi yang mana yang disentuh, ada touch screen yang mendeteksi panas tangan ada pula Touch Screen yg menggunaka infra merah.
OPSCAN, SCANNER, READER DSB :
Suatu alat pembaca gambar/Kode/Sinyal yang sejalan dengan pergerakan sensornya baik yang berjalan sensornya mapun bendanya.
Contoh : Grapic Scanner, Fax Scanner, Bar Code reader Optical Character Reader, Card Reader, Punch Card Reader, Magnetic Reader, dll.
Sensor - sensor lain :
Sensor yang digunakan untuk menghasilkan sinyal digital, misalnya Vidio, Handy Cam, Sensor Voice, Mekanik, dll.
Data Communication
Masukan yang datang dari luar komputer atau dari komputer yang lain serta dapat memberikan hubungan comunication data yang berbeda.
PROCESSOR :
Asumsi : Jika input dan output siap menerima dan mengirim sinyal digital yang dibutuhkan maka isi processor adalah sbb :
Central Processing Unit (CPU) merupakan unit pengolah pusat atau mikro processor
Di dalam CPU terdapat :
Aritmatic Logic Unit (ALU) yang berfungsi untuk menyelesaikan instuksi sesuai dengan desainnya.
Control Unit untuk membantu mengatur serangkaian unit-unit yang lain.
Register sebagai tempat penyimpanan yang bersifat sementara.
Memory (media Penyimpanan)
Ada 2 Jenis Yaitu : Memory TETAP dan SEMENTARA
Tetap sering berupa Program yg selalu dijalankan bila suatu kondisi terjadi dikerjakan oleh ROM ( Read Only Memory)
Sementara adalah tambahan memory yang dibutuhkan pada saat proses komputer terjadi dikerjakan oleh (RAM) Random Access Memory)
Control Unit dan Memory Management Unit (MMU)
Dibutuhkan processor untuk mengatur bagian-bagian yang lain.
Stroge : Secondary stroge bersifat lebih tetap
Memory : suatu daya ingat manusia
Secondary Stroge : buku catatan.
II. JENIS - JENIS KOMPUTER
Komputer dapat dibedakan menurut :
1. Cara beroperasinya.
2. Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya.
3. Jenis Aplikasinya
4. Perkembangan Teknologinya.
Cara beroperasinya.
Komputer dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu :
a). Komputer Digital.
b). Komputer Analog,
- Komputer Digital atau digital computer bekerja dengan cara mengitung.
Semua kuantitas yang berupa angka, huruf atau simbul disajikan dalam bentuk angka-angka diskrit 1 dan 0 yang disebut digit biner atau binary digit.
Komputer Analog atau Analog Computer mengukur kuantitas elektronik atau fisik secara berkesinambungan seperti Voltage, Suhu atau Panjang.
Kebanyakan komputer berjenis digital karena pemrosesannya lebih cepat dan akurat dibanding komputer analog namun ada yang menggunakan komputer analog atau berinteraksi antara kedua jenis komputer ini.
Menurut Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya. Maka komputer dibagi :
1. Komputer Mainframe 3. Komputer Mini
2. Komputer Mikro 4. Komputer Nano
Komputer Mainframe mempunyai ukuran paling besar. Dapat memproses data dalam jutaan intruksi per detik (Millions instructions per secon / MIPS) dan menyimpan data dalam jumlah sangat besar.
Komputer Mainframe digunakan dalam metode pengolahan data yang menggunakan Lokal Area Network (LAN) dan sebagai pendukung penyimpanan data base serta sistem pengolahan data secara periodik dan seketika.
Komputer Mikro atau Personal Computer (PC) adalah jenis komputer yang paling banyak dijumpai karena harganya relatif murah, mudah pengoperasiannya (user Friendly) banyaknya piranti lunak yang beredar di pasaran. Digunakan untuk melaksanakan pekerjaan para pegawai dan menghubungkan dengan komputer lain
Komputer Mini lebih lambat, lebih sedikit kemampuan penyimpanan datanya dan lebih murah dibandingkan Mainframe tetapi banyak perusahaan yang menggunakan untuk pengolahan data base dan jaringan On Line.
Komputer Mini digunakan dalam komputerisasi departemen-departemen, organisasi yang besar atau sebagai komputer tunggal di org. kecil dimana jumlah data dan pemrosesannya tidak besar.
Komputer Nano adalah komputer yang paling kecil ukurannya yang merupakan komputer saku. Digunakan untuk menghitung data persediaan toko-toko eceran, mengirim tingkat persediaan dan order pembelian ke komputer milik pemasok atau untuk menghitung tingkat komsumsi listrik dan gas dalam rumah tangga. Namun Data tersebut masih perlu pengolahan kembali oleh para penggunanya.
( Made Heriyasa )
( original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..
KOMPUTER Adalah Istilah Yang digunakan Untuk Menjelaskan Fungsi Mesin Secara Elektronik.
KOMPUTER DIFUNGSIKAN SEBAGAI :
MENYIMPAN DATA MASUKAN DAN INSTRUKSI .
MEMPROSES INPUT DATA BERDASARKAN INSTRUKSI YANG DISIMPAN MENJADI INFORMASI YANG BERGUNA ATAU KELUARAN (OUTPUT)
KOMPUTER adalah :
serangkaian alat elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan kompunen elektronik yang saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja rapi dan teliti menggunakan sistem kerja yaitu: INPUT - PROSES - OUTPUT
INPUT
Peralatan Masukan (input Devices) memiliki bermacam bentuk :
Keyboard (Papan Ketik)
Letak Tuts/tombol pada keyboard membedakan antara tombol yg satu dgn yg lain, penekanan pada salah satu tombol akan dibaca dan dibandingkan dgn bank data yg sudah terprogram dalam komputer. Sehingga tahu tentang bentuk sinyal yg harus dimasukkan ke dlm CPU.
Mouse (Alat Penunjuk Arah) :
Bola atau Infra Merah yang menggelinding akan memutar secara mekanik pada dua sumbu roda (horizontal dan vertikal) sehingga panjang sumbu itu berubah dan diartikan sebagai banyak sinyal yg dikirim.
Light Pen, Digitizer, Optical Mouse, dsb.
Light Pen dan sejenisnya membutuhkan kisi-kisi untuk mengetahui letak dan kearah mana perpindahannya. Ada kisi-kisi yang mendeteksi secara elektronik dan secara optik.
T u p l e t :
Tuplet hampir sama dengan Light Pen, tetapi memiliki sensor tetang tekanan si pemakai dan ketebalan garis yang diminta.
Touch Screen :
Touch Screen menggunakan kisi-kisi yang ditempel pada monitor untuk mendeteksi kisi yang mana yang disentuh, ada touch screen yang mendeteksi panas tangan ada pula Touch Screen yg menggunaka infra merah.
OPSCAN, SCANNER, READER DSB :
Suatu alat pembaca gambar/Kode/Sinyal yang sejalan dengan pergerakan sensornya baik yang berjalan sensornya mapun bendanya.
Contoh : Grapic Scanner, Fax Scanner, Bar Code reader Optical Character Reader, Card Reader, Punch Card Reader, Magnetic Reader, dll.
Sensor - sensor lain :
Sensor yang digunakan untuk menghasilkan sinyal digital, misalnya Vidio, Handy Cam, Sensor Voice, Mekanik, dll.
Data Communication
Masukan yang datang dari luar komputer atau dari komputer yang lain serta dapat memberikan hubungan comunication data yang berbeda.
PROCESSOR :
Asumsi : Jika input dan output siap menerima dan mengirim sinyal digital yang dibutuhkan maka isi processor adalah sbb :
Central Processing Unit (CPU) merupakan unit pengolah pusat atau mikro processor
Di dalam CPU terdapat :
Aritmatic Logic Unit (ALU) yang berfungsi untuk menyelesaikan instuksi sesuai dengan desainnya.
Control Unit untuk membantu mengatur serangkaian unit-unit yang lain.
Register sebagai tempat penyimpanan yang bersifat sementara.
Memory (media Penyimpanan)
Ada 2 Jenis Yaitu : Memory TETAP dan SEMENTARA
Tetap sering berupa Program yg selalu dijalankan bila suatu kondisi terjadi dikerjakan oleh ROM ( Read Only Memory)
Sementara adalah tambahan memory yang dibutuhkan pada saat proses komputer terjadi dikerjakan oleh (RAM) Random Access Memory)
Control Unit dan Memory Management Unit (MMU)
Dibutuhkan processor untuk mengatur bagian-bagian yang lain.
Stroge : Secondary stroge bersifat lebih tetap
Memory : suatu daya ingat manusia
Secondary Stroge : buku catatan.
II. JENIS - JENIS KOMPUTER
Komputer dapat dibedakan menurut :
1. Cara beroperasinya.
2. Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya.
3. Jenis Aplikasinya
4. Perkembangan Teknologinya.
Cara beroperasinya.
Komputer dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu :
a). Komputer Digital.
b). Komputer Analog,
- Komputer Digital atau digital computer bekerja dengan cara mengitung.
Semua kuantitas yang berupa angka, huruf atau simbul disajikan dalam bentuk angka-angka diskrit 1 dan 0 yang disebut digit biner atau binary digit.
Komputer Analog atau Analog Computer mengukur kuantitas elektronik atau fisik secara berkesinambungan seperti Voltage, Suhu atau Panjang.
Kebanyakan komputer berjenis digital karena pemrosesannya lebih cepat dan akurat dibanding komputer analog namun ada yang menggunakan komputer analog atau berinteraksi antara kedua jenis komputer ini.
Menurut Kecepatan Prosesornya, Memory / ukurannya. Maka komputer dibagi :
1. Komputer Mainframe 3. Komputer Mini
2. Komputer Mikro 4. Komputer Nano
Komputer Mainframe mempunyai ukuran paling besar. Dapat memproses data dalam jutaan intruksi per detik (Millions instructions per secon / MIPS) dan menyimpan data dalam jumlah sangat besar.
Komputer Mainframe digunakan dalam metode pengolahan data yang menggunakan Lokal Area Network (LAN) dan sebagai pendukung penyimpanan data base serta sistem pengolahan data secara periodik dan seketika.
Komputer Mikro atau Personal Computer (PC) adalah jenis komputer yang paling banyak dijumpai karena harganya relatif murah, mudah pengoperasiannya (user Friendly) banyaknya piranti lunak yang beredar di pasaran. Digunakan untuk melaksanakan pekerjaan para pegawai dan menghubungkan dengan komputer lain
Komputer Mini lebih lambat, lebih sedikit kemampuan penyimpanan datanya dan lebih murah dibandingkan Mainframe tetapi banyak perusahaan yang menggunakan untuk pengolahan data base dan jaringan On Line.
Komputer Mini digunakan dalam komputerisasi departemen-departemen, organisasi yang besar atau sebagai komputer tunggal di org. kecil dimana jumlah data dan pemrosesannya tidak besar.
Komputer Nano adalah komputer yang paling kecil ukurannya yang merupakan komputer saku. Digunakan untuk menghitung data persediaan toko-toko eceran, mengirim tingkat persediaan dan order pembelian ke komputer milik pemasok atau untuk menghitung tingkat komsumsi listrik dan gas dalam rumah tangga. Namun Data tersebut masih perlu pengolahan kembali oleh para penggunanya.
( Made Heriyasa )
( original: Shofwan Hanief - Dosen STIKOM Bali )
Baca Selanjutnya..
Subscribe to:
Posts (Atom)